Sabtu, 08 Mei 2010

8 Prinsip Hidup Sehat Yang Boleh Dilanggar

Delapan gelas air putih setiap hari, lima hingga tujuh porsi buah dan sayur, delapan jam tidur, dan banyak daftar lain yang dianjurkan agar hidup sehat dan tidak kelelahan. Lalu, mana yang harus di ikuti dan mana yang boleh dilanggar ya? Berikut adalah 12 hal yang boleh kadang-kadang Anda langgar:
  • Jangan makan, makanan yang sudah jatuh kelantai.
Banyak bakteri yang ada di lantai, tetapi kebanyakan tidak berbahaya, demikian jelas Nona Shapiro, MD, direktur pediatric otolaryngology di UCLA Mattel Childres Hospital. Ingat aturannya, kalau belum lima menit masih boleh dimakan. Artinya, kalau jatuhnya sebentar masih mungkin dimakan, tapi kalau sudah semalaman, sudah pasti Anda tidak boleh memakannya.
  • Jauhi orang yang sakit flu.
Kecuali Anda punya masalah dengan paru-paru dan sakit asma, maka tidak apa-apa berdekatan dengan mereka yang sedang sakit flu. Selain itu, pastikan bahwa Anda sedang dalam kondisi fit ya, jika tidak maka Anda juga akan dengan mudah tertular flu.
  • Tidur harus delapan jam
Kebanyakan orang tidur selama delapan jam sehari. Tapi  tiap orang berbeda, ada yang tidur hanya 7 jam atau lebih sedikit dari itu. Kuncinya adalah apakah Anda merasa lelah atau tidak, jika Anda tidur dengan nyenyak maka tubuh Anda akan sehat.
  • Makan 5 – 7 porsi buah dan sayuran setiap hari
Memang ada bukti penelitian bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayur lebih sehat, namun tidak ada aturannya berapa banyak. Jadi makanlah secukupnya, jangan terobsesi harus 5-7 porsi setiap harinya.
  • Untuk olahraga, tanpa rasa sakit tidak ada hasil
Anda perlu berusaha, namun jangan sampai kelelahan jika tujuan Anda adalah tubuh yang sehat. Sebagai contoh, Anda cukup berjalan selama satu jam atau 4 mill untuk membakar 400 kalori di tubuh Anda. Hal ini sama dengan berlari selama setengah jam. Melakukannya dengan teratur sudah cukup, Anda tidak perlu memaksa tubuh Anda hingga akhirnya kelelahan.
  • Botol dan dot bayi harus disterilkan
Yang utama perlu diperhatikan adalah air yang diminum oleh bayi Anda, sedangkan botol cukup dibersihkan. Pastikan air bagi bayi Anda dimasak dengan matang.
  • Jangan pernah lupa olahraga
Aktif secara fisik memang baik, namun kadang mendapat tambahan waktu istirahat juga baik bagi tubuh dan pikiran Anda. Hal ini akan menghindarkan tubuh Anda dari kelelahan juga menjauhkan stres bagi pikiran Anda.
  • Diet itu harus disiplin
Kadang tidak apa-apa makan makanan berkalori tinggi, atau makanan dengan nutrisi rendah untuk menikmati hidup, asalkan jangan terlalu sering dan jangan terlalu banyak.
Memang baik untuk memiliki gaya hidup sehat, namun Anda juga jangan terlalu terobsesi sehingga tidak bisa menikmati kehidupan, karena jika hal itu Anda alami, Anda kehilangan karunia menikmati yang Tuhan berikan.

Source : WebMD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar