Sabtu, 08 Mei 2010

Manusia Setengah Tubuh

Kelainan bawaan sejak lahir banyak jenisnya, salah satunya seperti kasus ini yaitu kelainan agenesis sacral (sacral agenesis). Kelainan ini menyebabkan tubuh tidak berkembang dengan sempurna, hanya sebagian yang berkembang. Bagian variabel dari bagian ekor tulang belakang tidak berkembang secara normal. Kondisi ini mempengaruhi sumsum tulang belakang.
Di antara 25.000 kelahiran hanya ada 1 yang mempunyai kemungkinan untuk lahir dengan kelainan seperti ini, salah satu contoh nyata yaitu Kenny Easterday (35), pria asal West Virginia yang mendapat julukan manusia setengah tubuh.
Tipe agenesis sacral diklasifikasikan menjadi :
-         Tipe 1
Pinggul dan lutut biasanya normal, tumit ke arah dalam jari kaki dan kaki depan ke atas atau rotasi keluar, dinamakan juga total unilateral atau tipe agenesis sacral sebagian.
-         Tipe 2
Dinamakan agenesis sacral sebagian dengan cacat bilateral, simetris ruas tulang punggung sacral normal atau hipoplasia dan artikulasi yang stabil antara ilia dan ruas tulang punggung sacral pertama.
-         Tipe 3
Dinamakan lumbalis dan agenesis sacral total, dengan artikulasi ilia dengan sisi ruas tulang punggung terendah. Kifosis dan scoliosis dapat terjadi. Tidak adanya sacrum (tulang ekor), pantat datar, celah berkurang, dan masing-masing belahan pantat berlesung ke samping, letak pinggul tidak sempurna, lutut dan kelainan kaki yang umum membutuhkan perawatan. Biasanya pasien tipe ini tidak dapat berdiri atau berjalan tanpa dukungan yang sesuai.
-         Tipe 4
Tidak ada tulang belakang lumbar dan sacrum, membuat penderita menjadi pendek. Toraks dan panggul yang tidak proporsional, dan tidak ada kecenderungan normal. Penderita tidak memiliki control kandung kemih atau usus, memiliki anus horizontal. Dinamakan dengan lumbalis dan agenesis sacral total, dengan endplate ekor dari ruas tulang belakang terendah di atas.
Kebanyakan orang dengan kondisi agenesis mati di usia muda, tapi tidak dengan Kenny Easterday. “Saya seharusnya sudah mati sekarang, dokter memprediksi usia saya hanya 21 tahun, tapi sekarang saya berusia 35 tahun,” kata Kenny

Source : detikcom/lh3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar