Kamis, 13 Mei 2010

Mencegah Dan Mengurangi Timbulnya Varises Di Kaki

Varises di kaki seringkali membuat kita takut takut  melakukan olahraga karena kita  berpikir bahwa aktifitas olah raga dapat memperburuk varises yang kita alami. Tetapi sebenarnya olahraga justru membantu mencegah dan mengurangi varises karena sirkulasi darah melalui kaki menjadi lebih lancar. Varises timbul karena urat pada dinding pembuluh darah melemah sehingga menyebabkan tonjolan di atas permukaan kulit.
Jenis olahraga yang melibatkan kaki sangat baik untuk mencegah varises. Melakukan olahraga seperti renang, berjalan, bersepeda, jogging, aerobik dengan teratur, terbukti dapat mencegah dan mengurangi sakit pada varises. Latihan berikut dapat meningkatkan kekuatan kaki dan otot, membantu meningkatkan sirkulasi, serta membantu mencegah dan mengurangi varises, yaitu:
1. Gerakan mengayuh. Baringkan tubuh di atas lantai dengan punggung, tangan ke samping atau di bawah pantat. Angkat kaki dan kayuhlah, seolah-olah sedang naik sepeda. Jika Anda memegang kaki lebih rendah, latihan ini juga bekerja pada perut.
2. Gerakan berjinjit. Berjalan di atas ujung jari kaki alias jinjit ketika sedang bekerja di rumah. Latihan ini dapat meregangkan betis.
3. Gerakan berjalan dengan tumit. Latihan ini lebih efektif untuk kekuatan otot betis.
4. Gerakan mengangkat kaki. Baringkan tubuh Anda di lantai dengan punggung, tangan ke samping atau di bawah pantat kemudian tekan punggung bawah dan pantat ke lantai. Angkat satu kaki lurus ke atas dan tahan satu kaki tetap di lantai, membentuk sudut tegak lurus. Ulangi dengan menukar posisi kaki yang lain. Latihan ini dapat meningkatkan sirkulasi di kaki.
5. Gerakan lutut membungkuk. Berbaring di lantai dengan punggung. Tarik satu lutut ke dada, dan yang satunya tetap di lantai. Sementara tetap dengan posisi ini, lenturkan kaki. Semua gerakan harus dilakukan perlahan dan tegas. Kemudian tukar posisi dengan kaki yang lain. latihan ini membuat seluruh otot-otot kaki bekerja.
6. Gerakan istirahat setelah latihan. Dianjurkan berbaring dengan meninggikan kaki sekitar 15 hingga 30 cm di atas jantung setelah melakukan latihan ini atau latihan-latihan kaki yang lain, khususnya yang melibatkan otot-otot besar tubuh bagian bawah. Setiap habis latihan, melakukan aktifitas bepergian atau berdiri dalam jangka waktu yang lama, lakukanlah teknik pengistirahatan ini untuk mencegah dan mengurangi varises.

Source : geniusbeauty.com/dan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar