Kamis, 13 Mei 2010

Mengatasi Gangguan Cegukan

Setiap orang pernah mengalami cegukan. Tetapi jangan anggap remeh cegukan karena jika tidak segera diatasi bisa berubah menjadi parah seperti Christopher Sands (25) dari Lincoln, Inggris yang mengalami cegukan selama dua tahun dan harus menjalani operasi perut untuk menyembuhkannya. Cegukan tersebut sangat mengganggu sehingga membuat Sands tidak bisa tidur atau menelan makanan.
Cegukan sebenarnya terjadi ketika diafragma, otot di dasar paru-paru, mengalami kejang. Kekejangan itu menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara keras cegukan. Cegukan biasanya hanya terjadi dalam beberapa menit. Sebelum cegukan Anda berkelanjutan, Anda bisa melakukan salah satu cara menyembuhkan cegukan yaitu :
1. menahan napas.
2. minum segelas air dingin.
3. makan sesendok gula pasir.
4. meletakkan kantong kertas di depan mulut dan mencoba bernapas dari kantong kertas itu selama beberapa menit.
Jika cegukan berlangsung selama beberapa hari, sebaiknya Anda segera mengambil langkah yang bijak yakni berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan terhadap kemungkinan adanya penyakit.
Menurut National Library of Medicine di Amerika Serikat, makanan pedas yang berbumbu tajam, asap tebal dan penyakit tertentu seperti Pneumonia, radang selaput dada dan sebagainya, bisa memicu terjadinya cegukan. Segera atasi cegukan sebelum keadaan bertambah parah.

Source : kompas.com/dan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar